Header Ads

Header ADS

Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kedudukan lembaga ini berada pada wilayah universitas yang secara aktif mengembangkan sistem pengelolaan organisasi secara mandiri.

Apa itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)?

Untuk kamu yang baru menjadi mahasiswa mungkin istilah UKM masih terdengar asing. Sebenarnya istilah tersebut sama saja dengan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

Manfaat Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Mengikuti UKM tidak hanya sekedar menyalurkan minat dan bakat, loh! Kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang akan sangat berguna saat kamu lulus kuliah nanti. Ini beberapa manfaat saat kamu mengikuti UKM.

1. Menambah wawasan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat mengikuti UKM adalah menambah wawasan. Saat mengikuti suatu UKM, kamu jadi lebih berwawasan dan mempunyai pemikiran yang terbuka. Biasanya dalam suatu UKM mempunyai anggota dari jurusan yang berbeda-beda, sehingga ini dapat memungkinkan terjadi pertukaran wawasan antara kamu dan anggota lain.

2. Pengalaman berorganisasi

Manfaat kedua adalah kamu jadi mempunyai pengalaman berorganisasi. Di dalam suatu kegiatan mahasiswa biasanya mempunya struktur organisasinya sendiri. Hal ini memungkinkan kamu untuk terlibat dalam kepengengurusan UKM tersebut, kamu juga bisa belajar bagaimana rasanya mempunyai tanggung jawab mengurus suatu organisasi.

3. Menambah relasi

Saat kamu mengikuti UKM, sudah pasti kamu akan mempunyai banyak teman dari berbagai jurusan. Punya banyak relasi saat kuliah dapat memudahkan kamu nantinya ketika lulus dalam mencari pekerjaan. Siapa tahu, relasi kamu itu punya channel pekerjaan yang oke!

4. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif

Biasanya apa yang kamu lakukan saat perkuliahan selesai? Sebagian besar mahasiswa pasti menjawab nongkrong. Entah nongkrong di kantin kampus, atau di warung-warung kopi di sekitar kampus. Nongkrong memang enak, bisa berkumpul dengan teman tanpa memikirkan tugas kuliah. Tapi, ada manfaatnya nggak, sih? Kegiatan tersebut tentunya tidak mendapatkan manfaat sama sekali melainkan hanya membuang waktu dan uang kamu saja.

Daripada nongkrong yang hanya buang-buang waktu dan uang kamu, ada baiknya kalau waktu luangmu diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat, contohnya kamu bisa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu sukai. Selain waktu luangmu nggak terbuang sia-sia, kamu juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat lain.

5. Sebagai ajang untuk mengembangkan bakat

Biasanya UKM di suatu kampus banyak macamnya tergantung minat kamu ingin mengikuti kegiatan yang mana. Misalnya, kamu punya hobi drama, theaterical, musik, maka STMIK Royal Kisaran memiliki UKM Gaung Seni Anak Royal (GuSAR), kamu punya hobi berdakwah, ceramah, Tilawah Quran, STMIK Royal memiliki UKM Islam Al Fajr (UKMI Al-Fajr), kamu punya hobi travelling, arung jeram, panjat tebing, camping, STMIK Royal memiliki UKM Gerakan Pecinta Alam Royal (GeMPAR). masing-masing UKM Ini tentunya menjadi wadah bagi kamu untuk lebih mengembangkan bakat yang kamu miliki.

Diberdayakan oleh Blogger.